Sabtu, 01 Desember 2012

Dampak Hipertensi pada Berbagai Organ Tubuh (Impact of Hypertension in Various Organs)



1. Jantung (Heart)


Rusaknya arteri membuat jantung bekerja ekstra dalam memompa, ditambah lagi dengan penyumbatan pembuluh darah, otot-otot jantung akan membesar dan tidak lagi efisien dalam memompa. Selain dapat memicu serangan jantung, dalam jangka panjang hal ini dapat menyebabkan kondisi gagal jantung.


Damage to the arteries makes the heart work extra pump, coupled with deep vein thrombosis, heart muscles will swell and no longer efficient at pumping. Besides can trigger a heart attack, in the long term it can cause heart failure conditions.


2. Otak (Brain)

Hipertensi bisa menyebabkan kerusakan pembuluh darah di otak dan memicu pecahnya pembuluh darah otak hingga terjadi serangan stroke.

Hypertension can cause damage to blood vessels in the brain and lead to rupture of blood vessels to the brain occurs stroke.









3. Ginjal (Kidney)

Ginjal seharusnya berfungsi menyaring air yang berlebih dan limbah makanan yang berasal dari darah. Jika arteri rusak, peredaran darah ke ginjal ikut terganggu dan ginjal tidak bisa berfungsi dengan baik, sehingga limbah tersebut menumpuk dan muncullah kegagalan ginjal beserta banyak komplikasi lainnya.

Kidney function should filter excess water and waste from the blood meal. If the artery is damaged, blood circulation to the kidneys and kidney disrupted can not function properly, so that the waste is piling up and came renal failure along with many other complications.

4. Organ Vital (Vital organ)

Pada wanita, hipertensi bisa menyebabkan kehilangan gairah seksual, vagina terasa kering dan tidak bisa melakukan orgasme, sedangkan pada pria, bisa mengakibatkan terjadinya disfungsi ereksi.

In women, hypertension can lead to loss of sexual arousal, the vagina feels dry and can not have an orgasm, while in men, it can lead to erectile dysfunction.



5. Mata (Eye)

Pada tingkatan yang cukup parah, hipertensi bisa berdampak pada terjadinya pendarahan pada organ mata bahkan kebutaan.

At quite severe, hypertension can affect organ bleeding in the eyes and even blindness.






6. Tulang (Bone)

Tekanan darah tinggi memicu banyaknya kalsium yang terbuang lewat urin sehingga kepadatan tulang berkurang dan mudah keropos. Terutama jika terjadi pada wanita yang sudah memasuki masa menopause.

High blood pressure is triggering much calcium is lost through urine so that the reduced bone density porous and easy. Especially if it happens to women who have entered menopause.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar